639 Wisudawan Diharapkan Beri Kontribusi untuk Sektor Kelistrikan dan EBT dalam acara Wisuda ITPLN ke-43

Jakarta, ITPLN News alumni  (15/11/2023) – Institut Teknologi PLN (ITPLN) merayakan Wisuda ke-43 di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sebanyak 639 mahasiswa ITPLN yang telah menyelesaikan pendidikan selama kurang lebih empat tahun, dan tepat pada Rabu, 15 November 2023.

Wisuda ITPLN ke-43 ini juga dihadiri oleh Direktur Legal & Manajemen Human Capital PT PLN (Persero) Yusuf Didi Setiarto, Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., Ignasius Jonan eks Menteri Kabinet Indonesia 2015-2019, Ketua umum Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YPK PLN), Direksi anak usaha PLN Group, Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.Km., M.T., beserta para Senat Wisuda ITPLN.

Selain itu, Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Toni menginginkan agar para wisudawan ITPLN dapat mewujudkan cita-cita bersama yakni memanfaatkan bonus demografi. “Ini menjadi peluang untuk mengembangkan sektor pendidikan dan meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Salah satu sektor yang terus berkembang dan akan memiliki peran penting dalam memanfaatkan bonus demografi ini adalah sektor teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya sarjana ITPLN,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, DIRLHC PLN Yusuf Didi menyampaikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati ITPLN angkatan ke-43.  “Kami berharap semoga adik-adik selepas dari ITPLN menjadi sarjana bisa mengabdi kepada nusa dan bangsa yang berpeluang besar menjadi keluarga besar PT PLN. Terus berkarya yang terbaik, dan siapkan diri anda,” tuturnya di Gedung Sasana Kriya, TMII Jakarta, Rabu, (15/11/2023).

Prof. Toni menambahkan di tengah peluang tersebut, sarjana ITPLN juga dihadapkan pada tantangan. Salah satunya adalah adanya persaingan global dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. “Sebagai sarjana ITPLN, dibutuhkan kemampuan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan mengadopsinya ke dalam bisnis PLN untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja,” katanya.

Sementara, Rektor ITPLN Prof Iwa berharap para wisudawan menjadi lulusan unggul mandiri dan berwawasan terhadap lingkungan, sesuai dengan visi ITPLN.

Segenap sivitas akademika Institut Teknologi PLN menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas prestasi yang telah diraih. Wisuda ke-43 ini mengambil tema ITPLN Applied University Empowering Great Expert Leader in The Global Industry. Tema ini menegaskan posisi ITPLN sebagai kampus yang mencetak lulusan yang siap kerja.

“Kita bukan hanya mencetak sarjana, namun mencetak SDM yang kompeten dan mumpuni agar siap menjadi expert leader di industri global. Ini bukan sekedar slogan yang berhenti di tataran wacana, namun kita sungguh-sungguh dalam mewujudkannya. Kita menerapkan kurikulum pendidikan 4-4-2 yang artinya 40% teori, 40% problem solving dan 20% kuliah industri,” ujarnya.

“Belajar di ITPLN bukan sekadar belajar teori namun juga belajar menyelesaikan masalah dan merasakan langsung dinamika dunia industri. Kurikulum model ini terus dikembangkan untuk memenuhi tuntutan dunia kerja yang juga terus berkembang,” paparnya.

Selain itu, kata Prof. Iwa, ITPLN juga tengah bertransformasi untuk mewujudkan visinya menjadi perguruan tinggi yang berkelas internasional, modern, mandiri dan unggul di bidang energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan.

Prof. Iwa menyatakan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan babak baru dalam hidup mahasiswa semua.

Ketua Ikatan alumni – Bintang E P Siregar juga memberikan persembahan kepada seluruh peserta wisudawan simbolis kepada peserta wisudwan bahwa ucapan selamat datang dalam keluarga besar ikatan alumni ITPLN diahrapkan dengan ini para alumni ITPLN dapat selalu menjaga nama baik almamater dan menjaga intitut serta etika pada dunia kerja,” ujarnya

“Kami percaya bahwa lulusan kita yang telah dididik dan dilatih dengan baik di bidang energi dan ketenagalistrikan akan memiliki peran yang signifikan dalam mendorong perkembangan teknologi dan inovasi di sektor energi di masa depan yakni Energi Baru dan Terbarukan (EBT),” tuturnya.

sumber : Humas ITPLN